search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Anir-Lutfi Siapkan Modal Usaha Peternak Burung Puyuh

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 22 Oktober 2020 10:00
KUNJUNGAN. Calon Wakil Bupati Pangkep, Lutfi Hanafi mengunjungi peternakan burung puyuh milik Riska, di Kampung Lakaddaro, Kelurahan Ma'rang, Kecamatan Ma'rang, Rabu (21/10/2020). foto: istimewa
KUNJUNGAN. Calon Wakil Bupati Pangkep, Lutfi Hanafi mengunjungi peternakan burung puyuh milik Riska, di Kampung Lakaddaro, Kelurahan Ma'rang, Kecamatan Ma'rang, Rabu (21/10/2020). foto: istimewa

PLUZ.ID, PANGKEP – Calon Wakil Bupati Pangkep, Lutfi Hanafi menyebut potensi usaha di sektor peternakan juga sangat menjanjikan. Hal ini disampaikan Lutfi, ketika mengunjungi peternakan burung puyuh milik Riska, di Kampung Lakaddaro, Kelurahan Ma’rang, Kecamatan Ma’rang, Rabu (21/10/2020).

Lutfi mengatakan, peternakan burung puyuh di Pangkep harus dikembangkan. Sektor usaha ini, juga bisa menyerap banyak tenaga kerja. Makanya, bakal memprioritaskan sektor peternakan seperti Riska ini, untuk mendapat bantuan modal UMKM sebesar Rp10 juta.

“Insya Allah ibu, kelak ketika saya terpilih, ibu jadi orang pertama yang saya berikan bantuan UMKM sebanyak Rp10 juta untuk membangun peternakan yang lebih besar lagi,” kata Lutfi kepada Riska.

Lutfi bakal mengembangkan peternakan burung puyuh di Pangkep. Apalagi, melihat tempat beternak Riska yang cukup sederhana, cuma butuh tempat 3×3 meter.

“Saya juga akan menjadikan ibu mentor peternak telur puyuh, agar supaya masyarakat Pangkep juga bisa beternak burung buyung, karena telur puyuh mengandung protein yang tinggi dan sangat penting bagi kesehatan,” jelas mantan Ketua Hipmi Pangkep ini.

Riska bercerita, sudah dua tahun belakangan ini, dia mengembangkan peternakan burung puyuh bersama suaminya, Jumaing. Kini Riska sudah punya 1.200 ekor burung puyuh.

“Awalnya saya bersama suami saya cuma iseng-iseng beli burung ini. Seiring berjalannya waktu, kami pikir ini sangat berpotensi. Akhirnya suami saya pertama membeli bibit burung sekitar 70 ekor. Itulah yang kami kembangkan sampai sekarang,” urai Riska.

Usaha peternakannya ini terus berkembang. Setiap hari, Riska dan suami bisa memanen telur puyuh 500-700 butir.

“Dalam berternak begini, kita harus sabar pak. Karena kadang banyak yang mati, apalagi di saat musim hujan. Kadang banyak yang mati karena kedinginan,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top