search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dinobatkan Pasar Sehat, Pasar Maricaya Dikunjungi Kemenkes

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 20 November 2020 16:00
KUNJUNGAN. Perwakilan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel serta Kota Makassar melakukan kunjungan ke Pasar Maricaya di Jl Veteran Selatan, Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar. foto: istimewa
KUNJUNGAN. Perwakilan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel serta Kota Makassar melakukan kunjungan ke Pasar Maricaya di Jl Veteran Selatan, Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pasar Maricaya baru-baru ini dinobatkan sebagai Pasar Sehat. Bukan tanpa alasan, sejak pandemi Covid-19 mewabah pasar ini, sudah terbukti banyak menerapkan protokol kesehatan. Bukan hanya itu, jauh sebelum Covid-19, pasar yang terletak di Jl Veteran Selatan, Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar ini, memiliki ruang pemeriksaan kesehatan, lokasi dagangan yang tertata, dan bersih.

Terkait dengan itu, pasar yang dikomandoi Arsyad selaku Kepala Unit Pasar Maricaya ini, baru-baru melaporkan pasar binaannya dikunjungi perwakilan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel serta Kota Makassar.

“Alhamdulillah, ada kunjungan dari Kementerian Kesehatan, drg Dyah Erti Mustawati beserta Dinas Kesehatan Provinai dan Kota,” ujarnya.

Arsyad menyebutkan, kunjungan tersebut guna memeriksa penerapan protokol kesehatan di Pasar Maricaya.

“Beliau (Dyah Erti) datang memeriksa kondisi kebersihan pasar, tempat cuci tangan, dan pemantauan jaga jarak, serta pengunaan masker di kalangan pedagang dan pengunjung, serta memeriksa ruangan kesehatan, dan kebersihan kantor unit dan area pasar,” jelas Arsyad.

Sementara, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, drg Dyah Erti Mustawati, mengatakan, protokol kesehatan perlu ditingkatkan terutama bagi pengunjung pasar sedangkan untuk pedagang sudah ada peningkatan.

“Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi dengan adanya penerapan kesehatan ini. Fasilitas kesehatannya cukup memadai,” jelasnya.

Secara terpisah, Direktur Operasional Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya Kota Makassar, Saharuddin Ridwan, mengatakan, Pasar Maricaya menjadi salah satu lokasi penilaian pemerintah pusat sebagai pasar sehat dan lokasi penilaian Adipura sejak lima tahun lalu. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top