search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Ome Bersama 4 Figur Berpotensi Bertarung di Pilwalkot Palopo

doelbeckz - Pluz.id Senin, 28 Desember 2020 20:00
Akhmad Syarifuddin Daud. foto: istimewa
Akhmad Syarifuddin Daud. foto: istimewa

PLUZ.ID, PALOPO – Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Palopo masih menunggu regulasi kapan dilaksanakan, apakah 2022 atau 2023. Namun, beberapa nama-nama sudah menguat ke publik yang dianggap memiliki potensi bertarung di Pilwalkot Palopo.

Nama-nama yang menguat, diantaranya Akhmad Syarifuddin Daud (Ome), Rakhmat M Bandaso, Farid Judas, Haidar Basir, dan Nurhaeni. Lalu sebesar apa peluang-peluang mereka menurut pakar politik?

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir, selaku analis politik Sulsel, Senin (28/12/2020), menilai, Ome dan Rakhmat tentu patut dikedepankan saat ini sebagai figur yang potensial maju di Pilwalkot Palopo, sebab saat ini keduanya unggul sementara popularitas dan elektabilitas. Namun, Nurhaeni yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kota Palopo dan Farid Judas selaku putra mahkota patut diperhitungkan sebagai kuda hitam, begitupun Haidir Basir jangan diremehkan karena memiliki strong basis yang cukup ril selama ini.

Namun menurut Suwadi, Ome yang merupakan penantang petahana Wali Kota Palopo 2018 lalu, saat ini unggul sementara popularitas dan ektabilitas.

“Tentu itu modal awal yang bisa dijadikan dasar Ome maju kembali bertarung. Namun, tentu keunggulan tersebut masih sangat mungkin dikejar dan dilampaui jika Ome tidak pandai merawat basis-basis elektoralnya,” terang Suwadi.

Sementara, Direktur PT General Survei Indonesia (GSI), Herman Lilo, menilai, Pilwalkot Palopo diprediksi akan berjalan dinamis, sebab walau figur-figur lama unggul sementara popularitas dan elektabilitas, namun masih sangat mungkin dikejar tokoh yang kuat kekuatan finansialnya, seperti Nurhaeni dan Farid Judas.

“Untuk itu, Ome harus mampu membangun kuatan tim yang solid dan komitmen agar basis-basis elektoralnya tetap terjaga,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top