search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Laskar Tubarani Hadir Mengembalikan Marwah Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu

doelbeckz - Pluz.id Senin, 31 Mei 2021 11:00
SILATURAHMI. Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu Andi Rais Petta Paladeng (kedua kanan) berdiskusi santai dan silaturahmi dengan Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III (ketiga kiri) di salah satu Warung Kopi (Warkop) di Jl Topaz, Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (30/5/2021). foto: doelbeckz/pluz.id
SILATURAHMI. Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu Andi Rais Petta Paladeng (kedua kanan) berdiskusi santai dan silaturahmi dengan Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III (ketiga kiri) di salah satu Warung Kopi (Warkop) di Jl Topaz, Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (30/5/2021). foto: doelbeckz/pluz.id

PLUZ.ID, MAKASSAR – Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu mempersiapkan pelantikan pengurus yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Ketua Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu, Andi Rais Petta Paladeng, Minggu (30/5/2021), mengatakan, agenda pelantikan pengurus ini, tengah dirampungkan bersama jajaran pengurus yang telah disusun. Yaitu dengan mengadakan pertemuan di salah satu Warung Kopi (Warkop) di Jl Topaz, Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (30/5/2021).

“Pertemuan ini ajang silaturahmi membahas agenda pelantikan pengurus Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu yang segera akan dilakukan. Pertemuan ini juga dihadiri Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III,” ujarnya.

Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu Andi Rais Petta Paladeng (kanan) bersama Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III. foto: doelbeckz/pluz.id

Andi Rais Petta Paladeng mengatakan, sebagai Ketua Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu memiliki target akan mempersatukan tiga kerajaan di Sulsel, yaitu Kerajaan Gowa, Kerajaan Bone, dan Kerajaan Luwu.

“Kehadiran dan terbentuknya Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu sebagai upaya mempersatukan tiga kerajaan di Sulsel, yaitu Kerajaan Gowa, Kerajaan Bone, dan Kerajaan Luwu. Hal ini agar semua keturunan kerajaan di Sulsel, utamanya kalangan milenial dapat memahami dan melestarikan adat istiadat warisan para leluhur kita,” jelasnya.

Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu Andi Rais Petta Paladeng (kiri) bersama Pemangku Adat Bone Andi Baso Hamid. foto: doelbeckz/pluz.id

“Terlebih lagi mengembalikan harkat dan martabat serta marwah ketiga kerajaan dan melestarikan adat istiadat. Dimana kerajaan kita selalu menjunjung tinggi asas kekeluargaan, yaitu Sipakatau serta Sipakalebbi (saling menghargai), Sipatuo (silaturahmi), dan Sipatokkong (saling membantu), yaitu menghargai yang tua dengan bahasa yang beradat. Dimana kita semua keturunan kerajanan Bugis-Makassar sebagai generasi anak Celebes di manapun berada harus memegang teguh adat istiadat tersebut,” tambah keponakan Bate Salapang Somba Opu dan cucu Arungta Petta ta’ Andi Mappase’re ini..

Andi Rais Petta Paladeng pada kesempatan ini, mengatakan, sebagai bagian dari Kerajaan Gowa, Kerajaan Bone, dan Kerajaan Luwu pihaknya akan membentuk Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu di seluruh provinsi di Indonesia.

Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu Andi Rais Petta Paladeng (kanan) bersama Pemangku Adat Luwu Andi Iwan Bau Djemma. foto: doelbeckz/pluz.id

“Insya Allah, Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu akan dibentuk di semua provinsi untuk mengumpulkan semua keturunan-keturunan Kerajaaan Gowa, Kerajaan Bone, dan Kerajaan Luwu di seluruh Indonesia,” terang keponakan Wali Kota Palopo pertama Opu Arifin Umar ini.

Hadir pula pada pertemuan silaturahmi ini, para pengurus Laskar Tubarani Kerajaan Gowa, Bone, dan Luwu. Termasuk Ketua Forum Komunikasi Generasi Pelanjut Sultan Hasanuddin (FKGPSH) Didies Abdi dan Ketua Gema Salokoa Andi Pangeran Nur Akbar. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top