search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Menpora Yakin dari PON Papua Muncul Pesepak Bola Andal untuk Tim Nasional

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 10 Oktober 2021 23:00
PON XX. Menpora, Zainudin Amali, mengawali kunjungan cabor dalam perhelatan PON XX Papua 2021, Minggu (10/10/2021), ke Stadion Mandala, Jayapura, menyaksikan pertandingan sepak bola antara tuan rumah melawan Sumatera Utara. foto: istimewa
PON XX. Menpora, Zainudin Amali, mengawali kunjungan cabor dalam perhelatan PON XX Papua 2021, Minggu (10/10/2021), ke Stadion Mandala, Jayapura, menyaksikan pertandingan sepak bola antara tuan rumah melawan Sumatera Utara. foto: istimewa

PLUZ.ID, PAPUA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengawali kunjungan Cabang Olahraga (Cabor) dalam perhelatan PON XX Papua 2021, Minggu (10/10/2021), ke Stadion Mandala, Jayapura, menyaksikan pertandingan sepak bola antara tuan rumah melawan Sumatra Utara.

Didampingi Sekjen PSSI Yunus Nusi, Menpora terlihat fokus melihat permainan kedua tim yang diisi para atlet muda, di mana ke depannya bisa menjadi skuad dalam tim nasional Indonesia.

“Saya kalau nonton sepak bola selalu fokus dan saya pun optimis dari ajang PON ini akan muncul talenta-talenta baru untuk berada di barisan tim nasional, baik itu dari Papua, Sumatra Utara maupun dari daerah lainnya, bahkan tadi saya sudah menanyakan hal itu kepada Sekjen PSSI, di mana Pak Yunus Nusi pun mengatakan sudah ada beberapa talenta muda yang masuk dalam radar mereka,” ucap Amali.

Tak hanya federasi, melalui ajang PON ini, tentu banyak klub yang melirik para pemain muda untuk bergabung bermain di liga, seperti halnya top skorer sementara asal Papua, Ricky Ricardo Cawor yang sejauh ini telah mengoleksi lima gol.

“Tentu, sebelum mereka ke tim nasional, terlebih dulu mereka akan ke klub, sehingga memiliki jam pertandingan yang lebih banyak sekaligus bersaing diantara sesama pemain di dalam klub yang lebih senior, pemain asing maupun pemain naturalisasi,” ucapnya.

Perhelatan PON XX Papua ini, terlihat ramai dan meriah, namun Menpora selalu menegaskan, kepada segenap panitia bahkan induk organisasi cabang olahraga untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Para panitia cabor dan Ketua Harian PON Bapak Yunus Wonda meyakinkan saya bahwa segenap pertandingan yang berlangsung selalu menggunakan protokol kesehatan sesuai dengan perencanaan. Bahkan sepanjang jalannya pertandingan, kita juga dengarkan sama-sama di mana panitia secara reguler menyampaikan untuk tetap pakai masker, jaga jarak, menjaga keamanan dirinya serta menjaga lingkungannya yakni venue yang digunakan,” tuturnya.

“Saya kira inilah cara kita. Sepak bola untuk masyarakat Papua merupakan satu cabang olahraga yang sangat digelari, sehingga kita harus bijak dalam mengatur supaya tidak muncul hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga mereka mampu menikmati pertandingan dengan enak,” tambah Amali.

Sementara, laga Papua kontra Sumatra Utara berakhir untuk kemenangan tuan rumah dengan skor 2-0, dimana gol pertama diciptakan Marthin Alesandro Dusay pada menit ke-65 dan Arody Uopdana di menit ke-90 yang sama-sama memanfaatkan situasi sepak pojok. Dengan kemenangan ini mengantarkan tim sepak bola Papua ke babak semifinal. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top