search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Yuk Mempertajam Keterampilan Digital!

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 12 November 2021 18:00
Ilustasi. foto: istimewa
Ilustasi. foto: istimewa

Literasi Digital Sulawesi 2021

PLUZ.ID, MINAHASA UTARA – Rangkaian Program Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi, yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, kembali dilaksanakan secara virtual di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat (12/11/2021).

Kolaborasi ketiga lembaga ini, dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Tema yang diusung pada kali ini, yaitu ‘Pilihan dan Peluang Karir di Dunia Digital’.

Acara hari ini dipandu Shinta Ardhan selaku moderator serta menghadirkan empat narasumber, diantaranya Pemuda Penggerak Jalur Rempah untuk UNESCO-Sulawesi Utara Ana Ainin, Duta Bahasa dan Wisata Provinsi Gorontalo Akbar Rizki Datau, Dosen dan Pelaku UMKM Isnawati Illahude, serta Cyber Security Officer IT PHKT/Dosen Anwar Fattah. Program ini diikuti 1.096 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa.

Beralih ke sesi pemaparan, Anwar Fattah sebagai narasumber pertama membawakan tema ‘Perlindungan Hak Cipta di Ranah Digital’.

Anwar mengatakan, kreasi yang dapat dilindungi hak cipta meliputi musik, foto, seni, dan sastra. Adapun, pembajakan yang sering terjadi di masyarakat, misalnya meng-cover lagu lalu diunggah ke situs tidak resmi yang dapat diakses publik.

“Jika ingin menggunakan karya orang lain, mintalah izin kepada penciptanya,” pesan Anwar.

Akbar Rizki Datau selaku pemateri kedua membawakan tema ‘Konten Digital’.

Ia membagikan tips membuat konten yang baik di internet, diantaranya orisinil, menarik, dan mudah dicari.

“Terkait etika dalam dunia digital, ingatlah bahwa kita semua manusia nyata, bahkan saat berada di dunia digital. Jadi, ikutilah aturan seperti dalam kehidupan nyata,” pesannya.

Untuk pemateri ketiga, tema yang dibawakan adalah ‘Pilih Mana: Menabung atau Belanja’ dilakukan Isnawati Illahude.

Ia membuka sesi ketiga dengan memaparkan cara bijak mengendalikan nafsu belanja daring, diantaranya mendefinisikan tujuan, mengeliminasi pilihan, memutuskan yang terbaik, dan menetapkan kriteria sebelum berbelanja.

Ia juga menyampaikan tips mengerem pengeluaran belanja, salah satunya menghindari berbelanja bersama teman.

“Kurangi belanja yang tidak mendesak dan mulailah menabung untuk dana pensiun sejak dini,” ujarnya.

Pemateri terakhir dalam sesi pemaparan webinar kali ini adalah Ana Ainina dengan tema ‘Kesempatan dan Tantangan di Dunia Digital’.

Ana mengatakan, cara memanfaatkan peluang di era digital meliputi membuat perencanaan yang baik dan matang, memperluas relasi, dan memanfaatkan saluran digital.

“Adapun keterampilan digital yang perlu dimiliki di era sekarang adalah kemampuan komunikasi, kemampuan teknis, relasi, dan berkolaborasi,” jelasnya.

Setelah sesi pemaparan selesai, moderator membuka sesi tanya jawab yang kemudian disambut hangat para peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada para narasumber katanya.

Sepuluh pertanyaan yang terpilih akan mendapatkan uang elektronik masing-masing sebesar Rp100.000 dari panitia.

Salah seorang peserta, Juniar, bertanya mengenai bagaimana cara berpikir kreatif agar memiliki jasa yang berbeda dengan yang lainnya.

Anwar mengatakan, diperlukan keterampilan digital untuk mendukung jasa yang ditawarkan.

Program Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan informatif yang disampaikan narasumber terpercaya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, silakan kunjungi https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top