search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Menkes Dukung Usulan Gubernur Sulsel untuk Melibatkan SDM Lokal di RS UPT Vertikal Makassar

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 01 Februari 2023 23:54
Budi Gunadi Sadikin. foto: istimewa
Budi Gunadi Sadikin. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mendukung usulan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk melibatkan tenaga kesehatan lokal pada Rumah Sakit (RS) UPT Vertikal Makassar.

Hal itu disampaikan pada acara peletakan batu pertama (groundbreaking) RS UPT Vertikal Makassar di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Selasa (31/1/2023).

Rumah sakit ini, diarahkan sebagai pusat pelayanan Otak, Jantung, dan Kanker (OJL). Dengan nilai kontrak Rp1,4 triliun untuk pembangunan fisik rumah sakit, yang berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Sekretariat Ditjen Yankes Kemenkes tahun anggaran 2022-2024.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan, hadirnya rumah sakit ini, melibatkan para dokter-dokter dari Sulsel.

“Kita harap melibatkan SDM-SDM (Simber Daya Manusia) dari kami. Dalam perjanjian hibah dan kerja sama, Pemerintah Provinsi Pemprov telah menegaskan minimal 20 persen SDM dari tenaga kesehatan provinsi, dan Alhamdulillah Pak Menteri sangat mendukung,” ujarnya.

Menurutnya, banyak tenaga kesehatan, khususnya dokter spesialis di Sulsel yang mumpuni.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mendukung usulan itu.

“Harusnya 80 atau 90 persen isinya orang asli sini dokternya,” jelasnya.

Ia pun akan mengoptimalkan dokter dan tenaga kesehatan lainnya dari Sulsel. Termasuk menawarkan beasiswa pendidikan sebelum bekerja di RS tersebut bagi yang memenuhi syarat.

Terlebih, Kementerian Kesehatan, kata dia, setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada tenaga kesehatan.

“Kita ingin rumah sakit ini bisa diisi oleh dokter-dokter terbaik. Hadirnya Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar ini bukan hanya untuk di Makassar, atau di Provinsi Sulawesi Selatan saja. Tapi kita harapkan jadi pusat pelayanan rumah sakit dengan kualitas paling baik untuk Indonesia Timur,” pungkasnya.

Ia pun berharap Pemerintah dan masyarakat Sulsel mendukung percepatan pembangunan, sehingga dapat segera difungsikan bagi masyarakat banyak.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top