search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Gubernur BI dan Komisi XI DPR RI Puji Penanganan Inflasi di Sulsel

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 05 Maret 2023 20:34
KICK OFF. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah) bersama Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara (kiri) dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan seremoni Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 di Balai Prajurit Jenderal M Yusuf Makassar, Minggu (5/3/2023). foto: istimewa
KICK OFF. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (tengah) bersama Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara (kiri) dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melakukan seremoni Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 di Balai Prajurit Jenderal M Yusuf Makassar, Minggu (5/3/2023). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pengendalian inflasi di Sulsel mendapat apresiasi dari Bank Indonesia dan DPR RI.

Berdasarkan data BPS, inflasi tahunan Sulsel di Februari 2023 tercatat sebesar 5,65 persen secara Year on Year (YoY). Angka ini menurun dari bulan sebelumnya sebesar 5,83 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, saat memberikan sambutan di acara Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 di Balai Prajurit Jenderal M Yusuf Makassar, Minggu (5/3/2023), menyampaikan apresiasinya kepada, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman atas pengendalian inflasi di Sulsel.

“Selamat kepada Pak Gubernur dan rekan-rekan mitra strategis dari Sulsel, Sulawesi Selatan ini termasuk yang terbaik dalam pengendalian inflasi, pertumbuhannya juga tinggi, dibandingkan September 2022. Inflasi itu menurun,” katanya.

Perry memuji kekompakan seluruh stakeholder di Sulsel terutama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang sukses mengawal pertumbuhan ekonomi daerah dengan menekan laju inflasi di angka yang aman.

“Itu betul-betul bersama menyejahterakan rakyat, luar biasa kerukunannya,” kata Perry.

Ia menekankan, penguatan sinergi TPIP/TPID dan GNPIP 2023 yang telah berhasil mengendalikan tekanan inflasi pangan pada 2022, diharapkan menjadi akselerator langkah konkret bersama untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, mendorong produksi, serta mendukung ketahanan pangan nasional yang akan mendorong terjaganya daya beli, serta pemulihan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

Tak hanya Gubernur BI, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, juga memberikan pujiannya kepada Andi Sudirman dalam upayanya melakukan pengendalian Inflasi di Sulsel yang sangat baik.

Oleh karena itu, Amir Uskara mengajak seluruh komponen TPID untuk bekerjasama mendorong implementasi GNPIP melalui tujuh program unggulan.

“Gubernur Sulsel mampu melakukan pengendalian inflasi dengan berfokus pada transformasi,” kata Amir Uskara.

Dengan peran strategis Sulsel sebagai salah satu lumbung padi nasional yang berkontribusi sebesar 25 persen dari pasokan nasional, tentunya harus memotivasi daerah lainnya untuk memperkuat ketahanan pangan strategis daerah masing-masing.

Menurutnya, ke depan daerah-daerah sentra produksi perlu bersinergi dan memperluas Kerja Sama Antardaerah (KAD) agar berkontribusi dalam penciptaan stabilitas harga secara regional maupun nasional.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menjelaskan, salah satu program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, yakni Mandiri Benih dengan memberikan benih gratis untuk 100 ribu Hektare (Ha) lahan sawah. Benih padinya yang ditangkar sendiri, sehingga lebih tahan lama dan berkualitas.

Menurutnya, benih merupakan hal paling mendasar bagi petani. Jika benih yang diberikan itu berkualitas, maka hasilnya juga tentu akan bagus dan tahan lama.

Sementara, program unggulan GNPIP yang diimplementasikan di Sulsel di antaranya berupa perluasan KAD, kerja sama antara platform digital farming dengan gapoktan, optimalisasi jalur distribusi ‘Sipeppa’ yang diperluas melalui kerja sama antara Bulog dengan Toko Ritel Modern Nasional, serta dukungan pembiayaan KUR Saprotan dan bantuan pemberian 100.000 bibit cabai Katokkon.

Dalam kesempatan ini, Andi Sudirman menyerahkan bantuan PSBI (Bibit, Sarana Produksi dan Pascapanen) untuk Kelompok Tani Lempolapeco dari Kabupaten Wajo dan Kelompok Budidaya Perikanan Minasa Upa dari Kabupaten Pangkep.

Untuk mendukung akselerasi produktivitas hasil pertanian dan budidaya perikanan, baik dalam bentuk pembinaan dan pendampingan serta program dedikasi untuk negeri.

Kegiatan Kick Off GNPIP 2023 dihadiri Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Iman Santoso, dan jajaran Forkopimda Sulsel lainnya serta diikuti secara daring Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top