search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dekranasda Sulsel Studi Tiru di Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 22 Juli 2023 10:51
Naoemi Octarina. foto: istimewa
Naoemi Octarina. foto: istimewa

PLUZ.ID, SIDOARJO – Pengurus dan anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel melakukan studi tiru ke Galeri Morfby di Provinsi Jatim, Rabu (19/7/2023).

Galeri Morfby sendiri merupakan sentra kerajinan kulit di Tanggulangin, Sidoarjo, Jatim.

Di tempat ini, tim Dekranasda Sulsel melihat langsung bagaimana pembuatan hasil produk kerajinan tangan dari kulit asli berupa tas, sepatu, topi, dompet, dan beberapa aksesoris lainnya.

“Kami berharap bisa belajar banyak dari galeri di sini. Terutama bagaimana membantu perajin dalam mengolah beragam bahan baku dari kulit,” kata Naomi Octarina, Ketua Dekranasda Sulsel.

Pada kesempatan tersebut, Dekranasda Sulsel juga memboyong pengrajin untuk melihat langsung dan belajar terkait produk. Mereka diminta mendalami seni ukir dan berbagai jenis kerajinan seperti yang diproduksi galeri Morfby.

Dengan begitu, Naomi berharap, perajin serupa di Sulsel juga dapat menghasilkan produk baru yang berkualitas nantinya. Bahkan, ia mendorong agar bisa tembus pasar ekspor.

Naomi menilai, Jatim menjadi tempat yang tepat, karena memiliki banyak produk beraneka ragam. Para perajin di sana terinspirasi dari sejarah dan budaya yang kaya.

“Tentu kita berharap hasil produksi dan kreativitas teman-teman perajin di Sulsel lebih ditingkatkan agar bisa menembus pasar (ekspor),” harapnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top