search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pelindo Regional 4 Bantu UMKM Nelayan di Sekitar MNP

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 10 Oktober 2023 12:00
BANTUAN. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 terus memperkuat komitmennya dalam mendukung TJSL Perusahaan dengan mengimplementasikan program pengembangan dan pemberdayaan UMKM. foto: istimewa
BANTUAN. PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 terus memperkuat komitmennya dalam mendukung TJSL Perusahaan dengan mengimplementasikan program pengembangan dan pemberdayaan UMKM. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 terus memperkuat komitmennya dalam mendukung Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan dengan mengimplementasikan program pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Regional Head 4, Enriany Muis,mengatakan, program ini didasarkan pada pedoman pelaksanaan Program TJSL Pelindo dan memiliki fokus yang kuat untuk mendukung UMKM di empat kelurahan di sekitar Makassar New Port (MNP) atau yang sekarang disebut dengan TPK New Makassar Terminal 2, yakni Kelurahan Kaluku Bodoa, Cambaya, Buloa, dan Kelurahan Tallo.

“Melalui inisiatif ini, Pelindo Regional 4 memberikan bantuan berupa peralatan dan modal usaha kepada UMKM dengan tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas mereka,” terang Enriany.

Selain bantuan materi, Pelindo Regional 4 juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM, membantu mereka dalam mengelola bisnis dengan lebih efektif.

“Ini adalah langkah strategis untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional Pelindo Regional 4,” sebut Enriany.

Menurutnya, program pemberdayaan UMKM ini juga melibatkan istri nelayan di sekitar wilayah pengembangan Makassar New Port. Mereka berperan aktif dalam pembentukan UMKM, menerima pelatihan tentang pembuatan abon ikan yang tahan lama, mengembangkan produk olahan mereka sendiri, dan memasarkannya melalui berbagai saluran, termasuk e-commerce dan swalayan. Tidak hanya itu, mereka juga berpartisipasi dalam bazar nasional dan internasional.

Melalui inisiatif ini, Pelindo Regional 4 berupaya memberdayakan UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, sambil memperhatikan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

“Terlebih lagi, program ini melibatkan 42 pengurus dari empat kelurahan yang secara aktif berfokus pada pengolahan hasil laut, seperti ikan dan kepiting, serta produksi alat tangkap untuk nelayan yang dijual melalui koperasi nelayan,” jelasnya.

Enriany berharap, agar bantuan yang diberikan Pelindo Regional 4 dapat membantu UMKM untuk menjadi lebih kompetitif dan memberikan kontribusi positif pada perekonomian lokal. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top