search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

BTIIG-BNN Morowali Komit Cegah dan Berantas Peredaran Narkotika

Pendaftaran Calon Karyawan Wajib Lampirkan SKBN dari BNN
doelbeckz - Pluz.id Rabu, 22 November 2023 19:05
MOU. PT Baoshuo Taman Industry Invesment Group (BTIIG) atau Indonesia Huabao Industrial Park (IHIP) bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Morowali melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara IHIP dan BNN Kabupaten Morowali di kantor PT BTIIG di Desa Topogaro, Selasa (21/11/2023). foto: istimewa
MOU. PT Baoshuo Taman Industry Invesment Group (BTIIG) atau Indonesia Huabao Industrial Park (IHIP) bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Morowali melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara IHIP dan BNN Kabupaten Morowali di kantor PT BTIIG di Desa Topogaro, Selasa (21/11/2023). foto: istimewa

PLUZ.ID, MOROWALI – PT Baoshuo Taman Industry Invesment Group (BTIIG) atau Indonesia Huabao Industrial Park (IHIP) bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Morowali berkomitmen penuh untuk bersama mencegah dan memberantas penyelahgunaan dan peredaran narkoba di area sekitar industri.

Hal tersebut tertuang dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara IHIP dan BNN Kabupaten Morowali di kantor PT BTIIG di Desa Topogaro, Selasa (21/11/2023).

External Manager Indonesia Huabao Industrial Park, Cipto Rustianto, mengatakan, keseriusan manajemen dan komitmen dukungan perusahaan kepada pemerintah untuk mewujudkan masyarakat bebas narkoba terus didorong.

“Oleh karena itu, aksi nyata kami tuangkan dalam nota kesepahaman antara BNN dan IHIP. Dimana sebelum MoU ini, juga kami sudah tegaskan dalam setiap perekrutan untuk mewajibkan melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari BNN,” ujarnya.

Cipto mengatakan, adapun bentuk kerjasama yang tertuang dalam MoU tersebut diantaranya membentuk Satuan Tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan internal perusahaan dan membekalinya dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

Selain itu, perusahaan juga akan nendukung dan melaksanakan program P4GN di lingkungan perusahaan, menyediakan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi/penyuluhan bahaya narkoba dikalangan pekerja.

Serta membantu mengampanyekan program pencegahan dan pemberantasan narkoba dalam bentuk promosi seperti baliho, stiker dll di lingkup kawasan industri.

Kepala BNN Kabupaten Morowali, Muliyadi, dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi IHIP yang telah mau berkomitmen mencegah dan memberantas narkoba di ruang lingkup industri.

Dimana IHIP merupakan salah satu perusahaan yang sangat proaktif mendorong pencegahan peredaran narkoba di lingkup kawasan.

Muliyadi menambahkan, meskipun angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Sulawesi Tengah mengalami penurunan dari 1,9 menjadi 1,7, namun angka tersebut masih sangat memprihatinkan.

Oleh karena itu, kerja sama semua pihak sangat diperlukan, baik dari BNN, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh masyarakat hingga perusahaan.

“Meski penindakan secara hukum sudah sangat banyak, namun banyak muncul pengedar yang baru, terutama dari jaringan-jaringan yang sudah di tangkap sebelumnya,” ungkap Muliyadi.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini, dilakukan Manager HR Indonesia Huabao Industrial Park Catur Caesaria Hadi Nugraha yang diwakili Manager Security IHIP Hendra Wattimena dan Muliyadidalam kapasitasnya selaku Kepala BNN Kaupaten Morowali.

Turut hadir dalam MoU tersebut Camat Bungku Barat dan Kepala Desa yang berada di sekitar lingkar industri, serta beberapa perwakilan serikat buruh di Morowali, seperti FNPBI dan FSBSI. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top