search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Warga Patingalloang Terima Kasih ke Danny Pomanto, Alokasikan Anggaran Pembangunan Masjid Ittifaqul Jamaah dalam APBD 2024

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 30 November 2023 17:10
Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa
Moh Ramdhan Pomanto. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Warga Kelurahan Patingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, karena telah memenuhi janjinya membangun kembali Masjid Ittifaqul Jamaah pascaroboh, beberapa bulan lalu.

Ucapan terima kasih warga setempat disampaikan lewat Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar, Rachmat Taqwa Quraisy, di sela-sela Rapat Paripurna Penetapan APBD 2024 di Ruang Banggar DPRD Kota Makassar, Rabu (29/11/2023) malam.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih mewakili warga Kelurahan Patingalloang kepada bapak wali kota dan Ketua DPRD Kota Makassar yang telah menganggarkan pembangunan masjid kami yang rubuh pada saat bulan puasa lalu,” kata Rachmat Taqwa Quraisy.

Dengan begitu, maka Masjid Ittifaqul Jamaah yang rubuh saat jemaah hendak melaksanakan Salat Tarawih Maret 2023 lalu, sudah bisa dibangun tahun depan.

“Berkat dua orang ini (Danny-Rudianto Lallo) Insya Allah tahun depan masjid kami terbangun,” ujarnya.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menyampaikan permohonan maaf, karena pembangunan Masjid Ittifaqul Jamaah baru bisa dimasukkan di dalam APBD 2024.

“Saya justru mau memohon maaf. Sebenarnya hal ini cukup terlambat karena musibah runtuhnya kubah masjid itu harus segera dibenahi,” ucap Danny Pomanto.

Berdasarkan hasil uji kontruksi yang dilakukan pemerintah kota dengan melibatkan konsultan, teknik sipil hingga IAI Sulsel diketahui bahwa bangunan tersebut tidak layak untuk digunakan.

Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) bersama DPRD Kota Makassar bekerja sama mengakomodir pembangunan Masjid Ittifaqul Jamaah agar bisa digunakan warga dengan kondisi yang lebih nyaman.

“Dari Unhas merekomendasikan untuk segera dibongkar. Saya sendiri agak was-was kalau terjadi hal yang lebih buruk dari itu. Tapi, Alhamdulillah Pemkot Makassar dan teman-teman di dewan berhasil memasukkan anggaran itu untuk mengembalikan fungsi masjid yang terkena musibah menjadi lebih baik lagi,” tutupnya.

Diketahui insiden robohnya kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Kelurahan Patingalloang, Minggu, 26 Maret 2023 lalu, mengakibatkan belasan jemaah luka-luka dan harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit.

Bahkan pascakejadian, Danny Pomanto mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar untuk melakukan uji kontruksi terhadap kelaikan keseluruhan bangunan masjid. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top