search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Empat Perda Baru Disahkan, Pj Gubernur Sulsel Segera Terbitkan Pergub

doelbeckz - Pluz.id Senin, 18 Maret 2024 21:00
PENGESAHAN PERDA. Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Ketua DPRD Provinsi Sulsel memperlihatkan berkas pengesahan empat perda baru pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulsel di Kantor DPRD Provinsi Sulsel, Senin (18/3/2024). foto: istimewa
PENGESAHAN PERDA. Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama Ketua DPRD Provinsi Sulsel memperlihatkan berkas pengesahan empat perda baru pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulsel di Kantor DPRD Provinsi Sulsel, Senin (18/3/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – DPRD Provinsi Sulsel dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) melalui Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulsel di Kantor DPRD Provinsi Sulsel, Senin (18/3/2024).

Adapun perda yang disetujui, antara lain Perda tentang Perencanaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, tentang Pemudahan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil, tentang Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta Perda tentang Pedoman Pelaksanaan Jasa Konstruksi.

Ketua Pansus Ranperda Tentang Perencanaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Hengki Yasin, mengaku, sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak tekait dan juga koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri.

“Kami berharap setelah penetapan perda ini, agar dibuatkan Pergub (Peraturan Gubernur) untuk dilaksanakan dan dijalankan,” katanya.

Sementara, Ketua Pansus Ranperda tentang Pemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil, Janwar Jauri, menyampaikan, hampir satu tahun membahas soal ranperda ini.

“Kami utamakan muatan lokal untuk perkembangan ekonomi masyarakat Sulsel,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pansus Ranperda tentang Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Rismayanti Muin, mengaku, secara keseluruhan ranperda ini telah disesuaikan dengan peraturan pemerintah pusat.

“Kami harapkan kepada Bapak Gubernur Sulsel dapat menerbitkan peraturan secara teknis untuk wawasan kebangsaan dan idiologi Pancasila. Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak-pihak terkait, terutama Pj Gubernur Sulsel, Pj Sekda Pemprov Sulsel,” ucapnya.

Ketua Pansus Ranperda tentang Pedoman Pelaksanaan Jasa Konstruksi, Vony, mengaku, regulasi ini disusun berdasarkan penyampaian aspirasi dari berbagai jasa konstruksi dan adanya masalah gagal bayar.

Sedangkan, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap perda yang ada bisa mendorong percepatan pembangunan di Sulsel.

Iapun menyampaikan apresiasinya, dan menyebut jika ini merupakan prestasi tersendiri DPRD Provinsi Sulsel yang punya Perda soal Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

“Jangan lama-lama untuk pergub-nya, kalau bisa minggu ini selesai semua, supaya bisa kita implementasikan segera,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top