search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pelepasan CJH Bulukumba, Andi Utta: Jaga Kesehatan dan Stamina

doelbeckz - Pluz.id Senin, 20 Mei 2024 18:00
PELEPASAN. Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, melepas secara resmi rombongan Calon Jemaah Haji (CJH) Bulukumba yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 17 Embarkasi Makassar di Masjid Islamic Center Dato Tiro Bulukumba, Senin (20/5/2024). foto: istimewa
PELEPASAN. Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, melepas secara resmi rombongan Calon Jemaah Haji (CJH) Bulukumba yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 17 Embarkasi Makassar di Masjid Islamic Center Dato Tiro Bulukumba, Senin (20/5/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, BULUKUMBA – Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, melepas secara resmi rombongan Calon Jemaah Haji (CJH) Bulukumba yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 17 Embarkasi Makassar.

Pelepasan CJH yang juga dihadiri Ketua DPRD Rijal ini, dilaksanakan di Masjid Islamic Center Dato Tiro Bulukumba, Senin (20/5/2024).

Kepala Kantor Kemenag Bulukumba, Misbah, mengungkapkan, pemberangkatan CJH Bulukumba ke Embarkasi akan dilaksanakan Kamis (23/5/2024) malam, kemudian pemberangkatan dari Makassar ke Mekkah, 24 Mei 2024.

Misbah mengimbau, agar para jemaah untuk tetap menjaga kesehatan dalam menjalankan ibadah.

Dikatakan, proses pemberangkatan sampai pemulangan jamaah haji kurang lebih 41 hari.

“Kita berharap jemaah haji Bulukumba berangkat sehat, pulangnya juga sehat,” harapnya.

Misbah menyampaikan apresiasi kepada Bupati Bulukumba dan Wakil Bupati Bulukumba yang telah memberikan dukungan terhadap kegiatan pemberangkatan haji.

“Alhamdulillah, bupati dan wakil bupati membersamai kita semua dalam kegiatan pelepasan ini,” ucapnya.

Dalam sambutannya, bupati yang akrab disapa Andi Utta ini, menyatakan, pemberangkatan haji menjadi momentum yang sangat dinantikan, karena setelah sekian lama menunggu pada akhirnya tibalah masa panggilan Allah SWT ke tanah suci Mekah ditunaikan.

“Tentu perasaan suka cita dan bahagia menyelimuti hati kita semua, karena sebentar lagi cita-cita untuk menunaikan ibadah haji akan terwujud,” ungkapnya.

Andi Utta menitipkan kepada jemaah haji Bulukumba senantiasa mendoakan keselamatan masyarakat dan kesuksesan pembangunan daerah Kabupaten Bulukumba.

Andi Utta juga berpesan kepada para jemaah untuk tetap menjaga fisik dan stamina, serta saling bahu-membahu satu sama lain mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan.

“Saya ingatkan untuk jaga fisik, jaga stamina agar mampu menjalankan ritual ibadah dengan baik untuk mendapatkan haji yang mabrur. Kita harus beradaptasi dengan cuaca di sana yang tidak sama dengan cuaca di Bulukumba,” pesannya.

Jemaah juga diingatkan untuk tetap berhati-hati dalam menyimpan uang belanjaan. Kalau bisa uang belanjanya jangan disimpan di satu tempat saja, tapi dibagi di beberapa tempat supaya lebih aman.

Untuk diketahui jumlah jamaah calon haji Bulukumba sebanyak 435 orang. Namun, total jemaah yang tergabung dalam Kloter 17 sebanyak 450 orang, karena adanya tambahan jemaah dari Kota Makassar dan petugas haji.

Adapun Ketua Kloter 17 yang ditunjuk adalah Nurlaela Umar yang juga Staf PLHUT Kantor Kemenag Bulukumba. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top