search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Kementerian Koperasi dan UKM-Pemprov Sulsel Dukung RPB Garam Pangkep, Kapasitas Maksimal 30 Ton Per Hari

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 01 Juni 2024 10:00
AUDIENSI. Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh menerima audiensi Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia Ahmad Zabadi di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (31/5/2024). foto: istimewa
AUDIENSI. Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh menerima audiensi Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia Ahmad Zabadi di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (31/5/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh menerima audiensi Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia Ahmad Zabadi di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (31/5/2024).

Hadir juga Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jeneponto Mernawati.

Pada pertemuan ini, membahas terkait dukungan Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia terhadap Rumah Produksi Bersama (RPB) Garam di Kabupaten Pangkep yang telah beroperasi, dan revitalisasi yang akan dilakukan Pasar Rakyat Beroanging di Kabupaten Jeneponto.

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, Ahmad Zabadi, menyampaikan, RPB ini dari sisi perencanaan tepat waktu dan langsung operasional.

“RPB di Pangkep ini, dari sisi perencanaan tepat waktu dan langsung operasional. Ini bagus,” kata Ahmad Zabadi.

Adapun Rumah Produksi Bersama (RPB) Garam telah mampu meningkatkan produksi garam rumah tangga dan industri dari 2 ton per hari menjadi 17 ton dengan kapasitas maksimal 30 ton per hari.

Sedangkan, Pasar Rakyat Beroanging melayani delapan desa di sekitar.

Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, mengapresiasi upaya dan dukungan dari pemerintah pusat.

“Pada prinsipnya mendukung penuh pengoperasian Rumah Produksi Bersama Garam di Pangkep serta revitalisasi Pasar Rakyat kita di Jeneponto,” katanya.

“Ini dikawal betul, karena ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat kita,” imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, menambahkan, RPB Garam merupakan salah satu dari 11 RPB yang ada di Indonesia. Rencananya, RPB ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

“Semoga beliau mau meresmikan, karena ada 11 RPB di 11 provinsi, salah satunya di Pangkep yang menjadi nominasi lokasi peresmian,” jelasnya.

“Tadi sudah berproduksi dan tinggal pembenahan di sekitarnya seperti halaman, tempat loading. Insya Allah, dalam satu bulan ke depan sudah rampung. Untuk bahannya berasal dari Pangkep, Maros, dan Jeneponto. Dikelola Koperasi Produsen Mappatuo,” tambahnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top