search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dosen UNM Bekali Siswa SD Kesadaran dan Upaya Mewujudkan Kemandirian Pangan

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 08 Juni 2024 15:00
PELATIHAN. SD Inpres Baraya 1 Kota Makassar mengadakan pelatihan kesadaran pangan dengan tema 'Kesadaran pangan dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Sejak Dini', Sabtu (8/6/2024). foto: istimewa
PELATIHAN. SD Inpres Baraya 1 Kota Makassar mengadakan pelatihan kesadaran pangan dengan tema 'Kesadaran pangan dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Sejak Dini', Sabtu (8/6/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Sekolah Dasar (SD) Inpres Baraya 1 Kota Makassar mengadakan pelatihan kesadaran pangan dengan tema ‘Kesadaran pangan dalam Mewujudkan Kemandirian Pangan Sejak Dini’, Sabtu (8/6/2024).

Guru Besar Ilmu Administrasi Publik Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Manan Sailan MHum, pada pelatihan yang diselenggarakan di Gedung sekolah Inpres Baraya 1 Kota Makassar, mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa akan pentingnya ketahanan pangan serta mendorong partisipasi aktif dalam mewujudkan kemandirian pangan di lingkungan sekolah dan keluarga.

Manan juga menekankan peran sekolah sebagai agen perubahan dalam mewujudkan generasi yang sadar akan pentingnya ketahanan pangan.

Pelatihan ini dilakukan sejalan dengan imbauan Rektor UNM, Prof Dr Karta Jayadi MSn, agar materi pengabdian diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya di Kota Makassar.

Tujuan pelatihan, menurut Guru Besar Ilmu Administrasi Publik UNM ini, agar masyarakat khususnya guru memiliki pengetahuan untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya ketahanan pangan kepada siswa, menghargai pangan lokal, dan memahami proses produksi pangan secara menyeluruh.

Selain itu, pelatihan ini juga berupaya menumbuhkan kecintaan siswa terhadap kekayaan dan keberagaman pangan lokal, serta mendorong kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dari bahan pangan lokal.

Dengan memotivasi guru dan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pertanian di sekolah dan rumah, serta mengembangkan keterampilan bercocok tanam sederhana, diharapkan dapat mendorong kemandirian pangan di kalangan siswa.

Pada akhirnya, pelatihan ini bertujuan untuk membangun generasi muda yang peduli terhadap isu-isu pangan, memiliki kesadaran akan pentingnya kemandirian pangan.

Adapun materi pelatihan, yaitu pertama, pentingnya ketahanan pangan dan kemandirian pangan: menjelaskan konsep dasar ketahanan pangan dan mengapa kemandirian pangan penting bagi masyarakat. Kedua, permasalahan dan tantangan pangan di Kota Makassar, ketiga, strategi mewujudkan kemandirian pangan.

Dari hasil pelatihan ini, jelas Manan, para peserta yang menghadiri kegiatan sangat antusias dan termotivasi. Pengetahuan yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan pangan di lingkungan mereka.

Pelatihan ini sangat diapresiasi Kepala Sekolah SD Inpres Baraya 1 Kota Makassar, Ilyanti Hasira Nurgas SPd MPd, menyatakan, suatu kebangaan telah menunjuk SD Inpres Baraya 1 sebagai mitra untuk melakukan pengabdian Prof Dr Manan Sailan MHum, Prof Dr Rifdan MSi (Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNM) dan Haerul SPd MPd MSi (Dosen Jurusan Ilmu Administrasi FISH).

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menanamkan nilai-nilai cinta pangan lokal dan kemandirian pangan sejak dini,” ucapnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top