search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Silaturahmi Sesama Suporter Setan Merah

United Indonesia Makassar
doelbeckz - Pluz.id Minggu, 05 Juli 2020 19:17
NOBAR. Sejumlah anggota United Indonesia Makassar foto bersama usai nobar laga Manchester United vs Bournemouth di Poolside Splash Pool & Bar Hotel Foxlite Royal Bay Makassar, Jl Sultan Hasanuddin, Sabtu (4/7/2020) malam. foto: istimewa.
NOBAR. Sejumlah anggota United Indonesia Makassar foto bersama usai nobar laga Manchester United vs Bournemouth di Poolside Splash Pool & Bar Hotel Foxlite Royal Bay Makassar, Jl Sultan Hasanuddin, Sabtu (4/7/2020) malam. foto: istimewa.

FANS atau penggemar klub penguasa Liga Inggris atau Premier League dengan koleksi 20 tittle juara, Manchester United (MU) di Makassar memiliki wadah khusus, yaitu United Indonesia Makassar.

Komunitas ini resmi dibentuk di Makassar 1 Juli 2009, sementara secara nasional telah hadir sejak 2006 lalu dan memiliki kurang lebih 160-an chapter yang tersebar di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Di usianya yang sudah beranjak 11 tahun, United Indonesia Makassar telah memiliki member 300-an orang.

Koordinator Daerah United Indonesia Makassar, Iswan Rusadi, mengatakan, lahirnya United Indonesia Makassar sebagai wadah berkumpulnya fans Manchester United di Makassar.

“Di United Indonesia Makassar kita menjalin silaturahmi sesama suporter Setan Merah (The Red Devils, julukan Manchester United. Dari sini kita melaksanakan sejumlah kegiatan rutin, seperti Nonton Bareng (Nobar), fun futsal, hingga kegiatan sosial,” terangnya.

Adapun member United Indonesia Makassar sendiri berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, Pegawai Negeri Sipil (PNS), pengusaha, dan lainnya.

“Pintu United Indonesia Makassar terbuka lebar-lebar bagi siapa saja yang mencintai Manchester United. Registrasinya pun cukuplah mudah, hanya mengisi form member dan biaya registrasi kemudian mendapatkan member card, t-shirt membership, stiker resmi, dan lainnya. Penerimaan member dibuka per tiga bulan atau empat kali pendaftaran dalam satu tahun. Info lengkapnya bisa diakses melalui akun Instagram @utdindonesiamakassar,” jelasnya.

Chiwang, sapaan Iswan Rusadi, mengatakan, seiring makin tingginya animo fans Manchester United bergabung di United Indonesia Makassar, tidak hanya di Makassar, tetapi sudah sampai ke kabupaten/kota di Sulsel. Terbukti, United Indonesia juga sudah ada di sejumlah kabupaten/kota di Sulsel.

Salah seorang pentolan United Indonesia Makassar, Otonk, mengakui, bergabung ke United Indonesia Makassar, karena memang sangat menyukai klub yang melahirkan banyak bintang-bintang lapangan hijau yang sudah melegenda, seperti Sir Bobby Charlton, George Best, Eric Cantona, David Beckham, Rio Ferdinand, Wayne Rooney, Ryan Giggs, Paul Scholes hingga Robin Van Persie. Serta pemain pujaan masa kini macam Marcus Rashford, Paul Pogba, David De Gea hingga Bruno Fernandes.

“Saya bergabung di United Indonesia Makassar bersama teman-teman, karena kesamaan hobi, terutama menjadi fans Manchester United,” ujarnya.

Mantan Koordinator Daerah United Indonesia Makassar ini, mengatakan, usia United Indonesia Makassar yang sudah 11 tahun bukanlah waktu yang singkat.

“Banyak syukur kepada Allah SWT, karena teman-teman tetap ada dan konsisten menjalankan agenda, yaitu nonbar (Nonton Bareng) dan beberapa kegiatan baik olahraga maupun yang bersifat sosial. Harapannya semoga rasa kekeluargaan yang sudah ada, tetap selalu terjaga dan komunitas ini dapat bermanfaat untuk setiap member yang tergabung di dalamnya,” harap Otonk.

Nobar, Fun Futsal hingga Peduli Sosial

MEMBER United Indonesia Makassar rutin mengadakan Nonton Bareng (Nobar) pertandingan yang dilakoni klub kebanggaan mereka Manchester United (MU). Baik itu, Premier League (Liga Utama Inggris), Piala FA, Piala Liga, hingga UEFA Champions League. Bahkan, begitu fanatiknya kepada klub yang diarsiteki Ole Gunnar Solskjaer, mereka tidak mengenal waktu, apakah itu pertandingan pada malam hari maupun dini hari.

Iswan Rusadi. foto: istimewa.

“Teman-teman member senantiasa selalu meluangkan waktunya untuk menyaksikan laga dan memberikan dukungan penuh kepada Manchester United. Nobar yang kita adakan tidak hanya malam hari, tetapi juga laga yang berlangsung dini hari,” jelas
Iswan Rusadi, Koordinator Daerah United Indonesia Makassar.

Sama halnya semalam, Sabtu (4/7/2020), saat nobar menyaksikan pesta gol Manchester United ke gawang Bournemouth dengan skor 5-2 di Poolside Splash Pool & Bar Hotel Foxlite Royal Bay Makassar, Jl Sultan Hasanuddin.

Nobar dalam dirangkaikan seremoni perayaan perayaan ulang tahun United Indonesia Makassar ke-11. Namun, karena dalam kondisi pandemi virus corona (Covid-19), maka nobar ini dilakukan secara sederhana dan terbatas.

“Nobar kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya yang selalu padat, meriah, dan riuah, kali ini menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan atau hand sanitizer. Bahkan, sebelum masuk venue pengunjung di-scan suhu tubuh,” terangnya.

Iswan Rusadi, mengatakan, selain nobar, aktivitas rutin yang dilakukan member United Indonesia Makassar adalah fun futsal. Kegiatan ini rutin dilaksanakan di lapangan Super Futsal Makassar tiap Kamis, pukul 20.00-22.00 WITA.

Selain itu, anggota United Indonesia Makassar tetap meluangkan waktunya melaksanakan kegiatan sosial. Sejumlah kegiatan sosial berupa United Indonesia Makassar Peduli, diantaranya donor darah yang rutin dilaksanakan tiap triwulanan di outlet Palang Merah Indonesia (PMI) Mal Ratu Indah (MaRI) Makassar, bantuan sosial kepada korban bencana alam, seperti korban kebakaran dan tanah longsor, hingga bantuan biaya pengobatan kepada pasien yang memiliki keterbatasan finansial atau masyarakat kurang mampu.

“Alhamdulillah, jiwa sosial teman-teman di United Indonesia Makassar sangat tinggi. Terbukti jika ada penggalangan dana maupun bantuan, akan cepat terkumpul dan segera kita salurkan langsung kepada yang membutuhkan,” terangnya.

Selain itu, United Indonesia Makassar juga rutin melaksanakan kegiatan sosial pada bulan Ramadan. Diantaranya, buka puasa bersama dan pemberian bantuan kepada panti asuhan. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top