search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Begini Cara Theo-Zadrak Wujudkan BPJS Kesehatan Gratis

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 17 November 2020 14:00
Theofilus Allorerung. foto: istimewa
Theofilus Allorerung. foto: istimewa

PLUZ.ID, TANA TORAJA – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg, telah berkomitmen untuk mewujudkan program BPJS Kesehatan Gratis khusus pelayanan kelas III, jika terpilih di Pilkada Tana Toraja, 9 Desember mendatang.

Program ini merupakan bentuk perhatian Theo-Zadrak, setelah menerima banyak keluhan dari warga yang iuran BPJS Kesehatannya harus menunggak setelah mengalami dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sekedar informasi, khusus di pilkada serentak di Sulsel, tidak hanya Theo-Zadrak yang memprogramkan BPJS Kesehatan Gratis. Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH, juga memprogramkan hal yang sama. Begitupun dengan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking.

Juru Bicara Theo-Zadrak, Natania Orvala, menjelaskan, program BPJS Kesehatan Gratis khusus pelayanan kelas III ini, sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi, akibat pandemi Covid-19, banyak warga yang tadinya mampu membayar iuran BPJS Kesehatan secara mandiri, terpaksa menunggak pembayaran akibat pandemi.

“Memang perlu intervensi pemerintah untuk mengambil alih sedikit beban masyarakat. Salah satunya iuran BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Natania menjelaskan, dari 200 ribu lebih penduduk Tana Toraja, banyak yang sudah tercover dalam kepesertaan BPJS-PBI, yakni fakir miskin atau orang tidak mampu berdasarkan data di Dinas Sosial, yang iurannya dibayarkan pemerintah.

Selain itu, ada yang termasuk dalam kepesertaan BPJS-Non PBI. Antara lain, pekerja penerima upah dan anggota keluarganya (PNS, Polri, TNI, pejabat negara, dan lain-lain yang memenuhi kriteria pekerja penerima upah). Kemudian, pekerja bukan penerima upah dan keluarganya. Dan terakhir, bukan pekerja dan anggota keluarganya.

Halaman

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top