search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Stok APD Dinas Kesehatan Makassar Masih Aman

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 28 Februari 2021 15:00
Agus Djaja Said. foto: anas/pluz.id
Agus Djaja Said. foto: anas/pluz.id

PLUZ.ID, MAKASSAR – Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas puskesmas mulai berkurang. Meski begitu, stok APD Dinas Kesehatan Kota Makassar sejauh ini masih aman.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Agus Djaja Said, mengatakan awal-awal pandemi penggunaan APD memang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan petugas menangani pasien yang cukup banyak.

“Sekarang tidak lagi. Karena dahulu kan menumpuk orang mau periksa. Sekarang sudah tidak begitu karena sudah tetatur sistem pemeriksaan kita di puskesmas,” bebernya.

Agus menjelaskan, penggunaan APD saat ini juga tidak sama seperti dahulu. Serba hati-hati, sehingga banyak digunakan petugas. Saat ini, APD lengkap hanya digunakan ketika ingin menangani pasien Covid-19.

“Sekarang itu penekanannya pada penggunaan masker dan fice shield. Kalau hazmat nanti saat melayani masyarat misalnya mau tes swab,” ujarnya.

Agus menyebutkan, stok APD sejauh ini masih aman. Bisa digunakan dalam beberapa bulan ke depan. Sehingga tidak ada kekhawatiran kehabisan APD seperti awal-awal Covid-19.

“Itu hazmat tidak setiap saat dipakai. Kepanasan juga petugas kalau dipakai seharian. Makanya biasa kalau maupi memeriksa baru pakai,” katanya.

Ketua Komisi D DPRD Makassar, Wahab Tahir, sebelumnya sudah meminta pemkot untuk mempersiapkan APD yang cukup bagi tenaga kesehatan.

Sebab, menurutnya, itu penting untuk menjadi perlindungan awal saat mereka bekerja. Apalagi, mereka kontak langsung dengan pasien. Rawan terpapar jika tidak dilengkapi APD lengkap.

“Memang harus stok itu diperhatikan. Jangan nanti sudah menipis baru dipesan atau dianggarkan. Kita harus lindungi mereka yang berada di garda terdepan,” ucap Wahab. (***)

Penulis : Anas

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top