search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Cara Brimob Bone Maknai Iduladha

doelbeckz - Pluz.id Selasa, 20 Juli 2021 16:00
BERBAGI. Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, membagikan daging kurban kepasa warga di Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di Bone, Selasa (20/7/2021). foto: istimewa
BERBAGI. Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, membagikan daging kurban kepasa warga di Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di Bone, Selasa (20/7/2021). foto: istimewa

PLUZ.ID, BONE – Perayaan Hari Raya Iduladha 1442 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021/10 Zulhijjah 1442 H disambut dengan suka cita seluruh umat muslim di dunia utamanya di Indonesia. Meskipun dirayakan di tengah pandemi Covid-19, peringatan Hari Raya Kurban tahun ini tetap semarak khususnya di Kabupaten Bone.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Bone tentang pelaksanaan Salat Iduladha dapat dilaksanakan di lapangan terbuka dan masjid-masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Semarak perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H juga dirasakan di Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel di Bone, Selasa (20/7/2021).

Meskipun tahun ini pelaksanaan Salat Iduladha dilaksanakan di Masjid Babul Ikhlas Mako Yon C Pelopor bukan di lapangan terbuka seperti tahun-tahun sebelumnya, namun antusias jemaah untuk mengikuti Salat Id tetap tinggi. Hal ini tampak sejak pukul 06.30 WITA personel Brimob Bone beserta keluarga sudah mulai memasuki area Mako untuk mengikuti Salat Id secara berjemaah.

Meskipun dipadati ojemaah, pelaksanaan Salat Id di Mako Batalyon C Pelopor tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat seperti pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki masjid, wajib menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer, dan menjaga jarak antara jemaah.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, menyebutkan, pada peringatan Iduadha 1442 H Batalyon C Pelopor membuka Masjid Babul Ikhlas sebagai tempat Salat Id dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, pada peringatan Iduladha 1442 H tahun ini Batalyon C Pelopor tetap melaksanakan Salat Iduladha secara berjamaah di Masjid Babul Ichlas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari penyebaran Covid-19, dan jemaahnya pun terbatas hanya untuk anggota Brimob Bone dan keluarga serta pengurus masjid. Tahun ini juga kami melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 13 ekor sapi yang kami sebar di tiga lokasi pemotongan untuk mencegah terjadinya kerumunan,” jelasnya.

Nur Ichsan menambahkan, meskipun peringatan Hari Raya Iduladha tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum pandemi Covid 19, tapi makna dari peringatannya tetap dirasakan.

“Meskipun dalam perayaan Iduladha tahun ini dirasakan sangat berbeda akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, namun hal ini tidak menjadi sebab bagi kami untuk mengurangi makna dari peringatan Hari Raya Kurban tersebut. Melalui momentum ini kami berupaya meningkatkan rasa kepedulian sesama dan membantu mereka yang kekurangan dengan berkurban sebagai wujud dari B
bhakti Brimob untuk masyarakat,” tambah Nur Ichsan.

Setelah pelaksanaan Salat Id, selanjutnya dilaksanakan penyembelihan hewan kurban di tiga lokasi berbeda, yaitu di tanah kosong depan Mako Brimob Bone, di dalam Mako Brimob Bone dan di rumah potong hewan di Kecamatan Barebbo.

Setelah penyembelihan hewan kurban kemudian daging sapi ditimbang dan dikemas dalam kantong plastik, selanjutnya paket berisi daging hewan kurban diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan seperti tukang becak, tukang ojek, buruh bangunan, dan pengumpul barang bekas.

Kegiatan pembagian daging hewan kurban tersebut dilakukan langsung Danyon C Pelopor di halaman mako Batalyon C Pelopor.

Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga menyisihkan beberapa paket daging hewan kurban untuk diberikan kepada pengurus masjid Babul Ikhlas, panti asuhan, dan rekan-rekan media yang ada di Kabupaten Bone.

Untuk tahun ini, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menyembelih hewan qurban sebanyak 13 ekor sapi yang diperoleh dengan cara menyisihkan gaji tiap bulan selama satu tahun dan dikumpulkan dalam beberapa kelompok sehingga terbeli 13 ekor sapi saat Hari Raya Kurban tahun ini.

Selain menggelar kegiatan sholat Ied berjamaah dan penyembelihan hewan kurban, Batalyon C Pelopor juga menurunkan personel untuk melakukan sterilisasi dan pengamanan Salat Id di Lapangan Merdeka Watampone serta patroli ke Lapas Kelas IIA Watampone.

Sementara, di lokasi terpisah Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Muhammad Anis PS, menjelaskan, dalam melalui momentum peringatan Hari Raya Iduladha 1442 H Satbrimob Polda Sulsel memaknainya dengan berupaya semaksimal mungkin menumbuhkan kembali tauladan para nabi.

“Peringatan Hari Raya Iduladha atau Idul Kurban sangat identik dengan mengorbankan seekor hewan kurban sebagai wujud ketaatan terhadap perintah Allah SWT seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim AS. Melalui momen ini kami memaknainya dengan berkurban untuk membantu masyarakat yang membutuhkan serta menumbuhkan sikap solidaritas, kesetiakawanan dan introspeksi diri menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama utamanya dalam mewujudkan bhakti Brimob untuk Indonesia,” jelas mantan Dansat Brimob Sulbar ini. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top