search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Dibutuhkan Tanggung Jawab Perusahaan kepada Masyarakat di Masa Pandemi

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 01 September 2021 21:00
Abd Wahab Tahir. foto: istimewa
Abd Wahab Tahir. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Abd Wahab Tahir, kembali menemui konstituen dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2, meliputi Kecamatan Sangkarrang, Wajo, Bontoala, Ujung Tanah, dan Tallo.

Kali ini, agenda Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) di Hotel Pesonna Makassar, Rabu (1/9/2021).

Pada kesempatan itu, Wahab Tahir mengajak perusahaan mengambil peran dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Upaya itu, melalui TSLP, yakni dana Corporate Social Responsibility (CSR) di setiap perusahaan.

“Selama ini perusahaan banyakmi untungnya meski kita tahu juga mereka terdampak. Tapi, mereka harus mengeluarkan CSR sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat,” jelasnya.

Bahkan, Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar ini, menyebut, kepekaan sosial dari perusahaan inti dari CSR. Sudah seharusnya dana tersebut disalurkan untuk masyarakat misalnya saja dalam bentuk bantuan sosial lantaran era pandemi.

“Memang mereka terdampak, tapi jauh sebelumnya mereka telah beraktivitas dan meraup keuntungan. Nah, sebagian dari itu bisa diberikan,” paparnya.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Rusmayani Madjid, menyampaikan, urusan sosial dan ekonomi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, sebab memiliki keterbatasan anggaran.

Sehingga, untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan CSR dari setiap perusahaan. Itu, akan menjadi salah satu kontribusi perusahaan ke pemerintah.

“Makanya kita bentuk forum CSR. Diharapkan, tidak mengambil profit perusahaan, tapi juga menyalurkan keuntungan ke masyarakat,” jelas Maya, sapaan akrab Rusmayani Madjid.

Oleh karena itu, kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kota Makassar ini, mengajak masyarakat melaporkan atau mengusulkan kebutuhan terkait kepentingan orang banyak. Usulan tersebut, melalui pemerintah bisa disampaikan ke perusahaan.

“Bisa disampaikan ke pemerintah melalui Dewan TSLP. Ini yang akan kita sampaikan kebutuhan agar dibantu dengan CSR yang ada di perusahaan,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top