search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Adnan Berbagi Kiat Kepemimpinan kepada Anggota Pramuka

doelbeckz - Pluz.id Rabu, 15 September 2021 22:00
Adnan Purichta Ichsan. foto: istimewa
Adnan Purichta Ichsan. foto: istimewa

PLUZ.ID, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, yang juga merupakan Wakil Ketua Kwarda Sulsel dan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Gowa, menjadi salah satu narasumber pada Talkscout Temu Dewan Kerja Tingkat Daerah Sulsel Tahun 2021 secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Gowa ini, berbagi kiat tentang kepemimpinan di hadapan 144 partisipan dari berbagai dewan kerja se-Sulsel.

Adnan memaparkan kepemimpinan berasal dari kata pemimpin yang merupakan orang yang mampu mempengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk bekerja sama mencapai suatu tujuan.

“Sebagai contoh, kakak pramuka yang dipercaya menjadi seorang pemimpin harus mampu mempengaruhi pengurus yang ada untuk mencapai cita-cita, seperti mencetak SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki karakter baik dan akan menjadi pemimpin bangsa di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Selain itu, Adnan menyebutkan, ada tiga prinsip fungsional kepemimpinan gerakan pramuka, yakni Ing Ngarso Sung Tulodo (di depan menjadi teladan), Ing Madya Mangun Karso (di tengah membangun kemampuan) dan Tut Wuri Handayani (dari belakang memberi dorongan ke arah kemandirian).

“Jadi seorang pemimpin harus teladan karena menjadi panutan atau contoh, mampu membangkitkan semangat dan berkreasi, serta mampu mendorong orang yang dipimpinnya agar berani jalan di depan dan bertanggung jawab. Ini merupakan cara kepemimpinan yang ada saat ini,” jelasnya.

Oleh karena itu, Adnan berharap para anggota pramuka bisa memahami arti dari seorang pemimpin khususnya mampu bekerja sama dengan siapapun demi mencapai tujuan atau visi misi suatu organisasi. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top