search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Andi Utta Serahkan Bantuan Baznas Bulukumba

doelbeckz - Pluz.id Senin, 15 Agustus 2022 18:17
PENYERAHAN. Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba di sela-sela Apel Gabungan OPD lingkup Pemkab Bulukumba, Senin (15/8/2022). foto: istimewa
PENYERAHAN. Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba di sela-sela Apel Gabungan OPD lingkup Pemkab Bulukumba, Senin (15/8/2022). foto: istimewa

PLUZ.ID, BULUKUMBA – Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba di sela-sela Apel Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Senin (15/8/2022).

Penyerahan bantuan ini, merupakan pelaksanaan dari program Baznas selama ini, yaitu bidang kesehatan dan kemanusiaan, bidang pemberdayaan ekonomi mustahik, dan bidang pendidikan dan dakwah.

“Bantuan-bantuan tersebut merupakan bentuk pendayagunaan dana ZIS (Zakat, Infak, dan Sedekah) para ASN (Aparatur Sipil Negara), pengusaha dan masyarakat luas yang telah dihimpun Baznas Bulukumba,” kata M Yusuf Sandhy, Wakil Ketua Baznas.

Yusuf Sandhy menyampaikan, untuk program dakwah, meliputi pemberian sound system untuk masjid dan majelis taklim, bidang pendidikan dengan pemberian bantuan untuk siswa berprestasi, bantuan pendidikan untuk siswa/mahasiswa duafa, bantuan penyelesaian studi untuk sarjana dan pascasarjana, fasilitasi pembelian pakaian seragam dan alat tulis untuk siswa duafa dan Anak Tidak Sekolah (ATS).

Sementara, untuk bidang kesehatan, meliputi pemberian bantuan biaya pengobatan fakir miskin dan bantuan pelunasan tunggakan BPJS Kesehatan untuk duafa.

Selanjutnya, di bidang melalui Bulukumba Peduli, Baznas memberikan pengadaan 20 unit Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) untuk keluarga tidak mampu di masing-masing kecamatan.

Terakhir, untuk bidang ekonomi, pemberian modal dan alat usaha untuk 30 paket Z-Mart dan usaha Z-Chicken di sepuluh kecamatan, yang semuanya diperuntukkan bagi keluarga fakir miskin.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, menyampaikan kepada para penerima agar bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik.

Bagi penerima bantuan pendidikan untuk lebih giat belajar lebih berprestasi. Begitu pula dengan yang mendapat modal usaha untuk bersungguh-sungguh menjalankan usahanya agar lebih meningkat ke depan.

“Saya berharap pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa membantu kesejahteraan keluarga,” kata Andi Utta sapaan akrab Andi Muchtar Ali Yusuf.

Sementara, salah satu penerima bantuan usaha, Firmansyah, menyampaikan terima kasih kepada Baznas Bulukumba, karena telah memberikan bantuan modal usaha.

Menurutnya, bantuan seperti itu sangat membantu generasi muda seperti dirinya yang sementara merintis usaha. Banyak pemuda, lanjutnya ingin merintis usaha tapi terkendala modal.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat membantu mengembangkan usaha kami ke depan,” kata Firmansyah yang saat ini merintis usaha ayam goreng krispi dan geprek di Caile.

Sebelum merintis usaha ayam gorengnya, Firmansyah mengaku, bekerja sebagai karyawan di gudang salah satu perusahaan di Bulukumba.

“Akhirnya, saya memilih usaha sendiri, karena usaha ini saya anggap lebih prospek ke depan,” ungkapnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top