search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Sahabat Dokter Koboi kembali Gelar Lomba Domino Sambil Ngabuburit

doelbeckz - Pluz.id Jumat, 07 April 2023 12:00
LOMBA DOMINO. dr Wachyudi Muchsin (kedua kiri), turun langsung mengikuti lomba domino di Cafe TVRI Sulsel, Kota Makassar, Jumat (17/3/2023) lalu. Komunitas Domino Sahabat Dokter Koboi kembali akan menggelar lomba domino, di Cafe TVRI Sulsel, Kota Makassar, Sabtu (8/4/2023) siang. foto: istimewa
LOMBA DOMINO. dr Wachyudi Muchsin (kedua kiri), turun langsung mengikuti lomba domino di Cafe TVRI Sulsel, Kota Makassar, Jumat (17/3/2023) lalu. Komunitas Domino Sahabat Dokter Koboi kembali akan menggelar lomba domino, di Cafe TVRI Sulsel, Kota Makassar, Sabtu (8/4/2023) siang. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Komunitas Sahabat Dokter Koboi kembali melaksanakan lomba domino. Kali ini dilaksanakan pada bulan Ramadan yang dikemas dengan sistem liga.

Namun, lomba domino kali ini, pesertanya hanya anggota Komunitas Domino Sahabat Dokter Wachyudi Muchsin atau berjuluk Dokter Koboi.

Sesuai jadwal yang disampaikan panitia, lomba domino dengan sistem liga dilaksanakan di Cafe TVRI Sulsel, Kota Makassar, Sabtu (8/4/2023) siang.

Dengan sistem pertandingan mengadopsi mirip liga sepak bola, yakni memperebutkan pemuncak klasemen untuk keluar sebagai pemenang atau juara.

Sekretaris Panitia Liga Domino Koboi, Ramadhan Riswandi, mengatakan, setiap peserta berpasangan akan melawan seluruh pasangan lainnya dalam liga. Selanjutnya meraih poin dan produktivitas angka dalan permainan.

“Yang terdaftar 12 orang anggota, atau menjadi enam pasang. Setiap pasangan akan berhadapan seluruh peserta dengan menentukan pemenang yang menjadi pemuncak klasemen, jadi mirip di liga sepak bola,” katanya, Jumat (7/4/2023).

Ditambahkan, jika jumlah peserta enam pasang, maka jumlah pertandingan masing-masing peserta lima kali. Pada pertandingan liga, menang mendapat 3 poin, seri 1 poin, dan kalah 0 poin.

“Tidak hanya kemenangan poin, tapi produktivitas nilai kemenangan akan menentukan klasemen untuk juara liga,” kata Sandi sapaannya.

Sementara, Dokter Wachyudi Muchsin, menambahkan, domino kali ini dilakukan sambil menunggu buka puasa atau yang ngetrand dengan istilah ngabuburit.

Kegiatan Domino Koboi selain dengan mengasah otak dan strategi yang juga baik untuk kesehatan berfikir otak, juga dalam rangka mempererat hubungan tali silaturahmi di Bulan Suci Ramadan.

“Saat main domino ada proses spiritual silaturahmi sesama manusia dengan sendirinya mendekatkan diri kepada zat yang dicintai, seperti mendekatkan diri kepada Allah SWT,” kata Dokter Koboi.

Dari sini, sambungnya, akan memacu endorphins dan dopaminergic tersebut untuk memproduksi. Sehingga, rasa bahagia, tenang dan nyaman akan tercipta saat main domino.

Segala pencapaian dan peradaban manusia dimulai dari gagasan yang bersarang di dalam otak dimana domino permainan asah otak.

“Selain itu, perasaan spiritual juga berkaitan dengan medial prefrontal cortex, yakni bagian otak yang mengaktifkan dan mengolah nilai dan alasan moral. Perasaan spiritual juga mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan fokus di barengi candaan saat main domino,” katanya.

Dokter Koboi juga berterima kasih kepada para sahabat, atas bantuan untuk menyukseskan domino sambil ngabuburit.

“Terima kasih sahabat, seperti Deng Ical, Kafe Kanrejawa, yang mendukung acara kami,” tutupnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top