search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Tanri Abeng Tutup Usia, Bahtiar: Saya Sangat Kehilangan, Masa Akhir Hidupnya Beliau Berjasa bagi Sulsel

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 23 Juni 2024 13:00
Bahtiar Baharuddin. foto: istimewa
Bahtiar Baharuddin. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAMUJU – Tokoh nasional, Tanri Abeng, mengembuskan napas terakhir pada usia 82 tahun di RS Medistra Gatot Subroto Jakarta, Minggu (23/6/2024) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

Bahtiar Baharuddin mengenang masa masa kebersamaannya dengan Tanri Abeng saat dirinya menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel.

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya tokoh yang terkenal melalui istilah Manager 1 Miliar tersebut membantu Bahtiar melalui BUMD Sulsel dan Komite Ekonomi Sulawesi Selatan.

Lewat tangan dingin Tanri Abeng, kata Bahtiar, Sulsel berhasil menguasai aset negara yang pernah dikelolah PT Vale Indonesia, dimana aset tersebut akan dikelolah Perseroda (BUMD) Sulsel. Jika dikerjakan dengan baik,.maka Sulsel akan mendapat pemasukan tidak kurang dari Rp3 triliun mulai 2025. Bahkan, lanjutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel telah mendapatkan bagian saham dari 10 persen di PT Vale.

“Beliau tokoh yang saya hormati, yang selama ini juga banyak membantu saya di Sulsel,” ujar Pj Bahtiar melalui sambutannya saat membuka Kejurnas Dayung 2024 di Mamuju, Sulbar, Minggu (23/6/2024).

Seperti diketahui Tanri Abeng pernah menjabat berbagai posisi penting di sektor swasta dan pemerintahan. Termasuk tercatat sebagai pendiri Kementerian BUMN dan merupakan putra asal Sulsel.

Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, mengaku, mendapat kabar duka ini pagi tadi, Minggu (23/06/2024).

“Mari kita mengirimkan doa kepada beliau semoga mendapat rahmat dan tempat di sisi-Nya” kata Bahtiar yang memimpin langsung pembacaan doa.

Bahtiar mengaku, sangat kehilangan apalagi disaat singkat Tanri Abeng telah memberikan sumbangsih terhadap roda perekonomian di Sulsel.

Sebelum menjalani perawatan di rumah sakit Tanri Abeng berhasil mendatangkan investasi di Sulsel melalui PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) yang menggandeng perusahaan asal Malaysia berinvestasi di Sulsel. Tak main-main, di taksir nilai investasinya 80 juta USD atau kurang lebih Rp1,2 triliun.

“Beliau membuat namanya Kementerian BUMN, beliau CEO, manajer terkenal kelas dunia, terakhir saya angkat beliau sebagai Ketua Tim Ekonomi Sulawesi Selatan. Begitu saya angkat beliau ekonomi mengalir di Sulsel,” imbuh Bahtiar.

Untuk itu, atas nama pemerintah dan masyarakat Sulbar, Bahtiar berterima kasih atas jasa almarhum Tanri Abeng.

“Saya memohon masyarakat dan tokoh tokoh yang hadir kita sebagai penyelenggara negara menundukkan kepala sejenak mengucapkan doa terbaik buat beliau. Semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik disisi-Nya,” tutup Bahtiar. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top