search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Sulsel Siap Jadi Percontohan Pertanian Modern di Indonesia

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 30 Juni 2024 09:00
Zudan Arief Fakhrulloh. foto: istimewa
Zudan Arief Fakhrulloh. foto: istimewa

PLUZ.ID, PINRANG – Provinsi Sulsel siap menjadi pilot project atau percontohan pertanian modern di Indonesia. Penggunaan teknologi dalam pertanian akan mampu meningkatkan hasil panen berlipat-lipat.

“Provinsi Sulawesi Selatan siap menjadi pilot project pertanian modern di Indonesia,” kata Zudan Arief Fakhrulloh, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, di sela Panen Raya Padi Optimasi Lahan Rawa di Kabupaten Pinrang, Jumat (28/6/2024).

Zudan mengungkapkan, optimasi lahan rawa di Kabupaten Pinrang yang dilakukan Kementerian Pertanian bersama TNI, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang bisa menjadi percontohan. Untuk pengawasan dan pemupukan bahkan menggunakan drone.

“Ini luar biasa sekali, menggunakan drone untuk pemupukan dan pengawasan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, luas optimasi lahan rawa untuk pertanian di Kabupaten Pinrang mencapai 500 hektare.

Zudan berharap, ke depan bisa mencapai 5.000 hektare, dengan dua kali panen dalam setahun.

“Penggunaan teknologi dalam pengelolaan pertanian mutlak dilakukan, dan Sulawesi Selatan siap menjadi pilot project atau percontohan,” tegasnya.

Dalam panen raya di Kabupaten Pinrang tersebut, Zudan bersama Pangdam XIV Hasanuddin, Bobby Rinal Makmun, menggunakan mesin combine. Penggunaan mesin ini bisa meminimalisir kehilangan hasil saat panen. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top