search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Pemprov Sulsel Raih Nilai A Kategori Tertinggi Penilaian Pelayanan Publik 2024

doelbeckz - Pluz.id Kamis, 12 Desember 2024 19:55
PENGHARGAAN. Ombudsman memberikan Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatutan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) 2024 kepada Pemprov Sulsel yang diterima Kepala DPMPTSP Provinsi Sulsel, Asrul Sani, mewakili Pj Gubernur Sulsel pada acara penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis (12/12/2024). foto: istimewa
PENGHARGAAN. Ombudsman memberikan Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatutan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) 2024 kepada Pemprov Sulsel yang diterima Kepala DPMPTSP Provinsi Sulsel, Asrul Sani, mewakili Pj Gubernur Sulsel pada acara penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis (12/12/2024). foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Ombudsman sebagai lembaga yang memiliki fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik telah melaksanakan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik untuk mencegah terjadinya maladministrasi.

Penilaian ini dilakukan dengan cara menilai kondisi penyelenggaraan pelayanan publik secara menyeluruh. Hasil dari penilaian ini, dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Semangat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dibawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh dalam mengubah wajah pelayanan publik di Sulsel menjadi lebih baik.

Harapan masyarakat, pelayanan tidak berbelit-belit, cepat, ramah, dan tidak diwarnai Pungutan Liar (Pungli).

Pemprov Sulsel berkomitmen untuk menyediakan layanan publik yang profesional, modern, bersih, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan serta harapan masyarakat.

Dalam hal ini, Ombudsman memberikan Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatutan Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) 2024 kepada Pemprov Sulsel.

Acara penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Kamis (12/12/2024), dan diterima Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulsel, Asrul Sani, mewakili Pj Gubernur Sulsel.

“Alhamdulillah, tadi diberikan penghargaan kepada kita untuk pelayanan publik. Termasuk untuk Pemprov Sulsel, kita masuk zona hijau,” ujar Asrul Sani.

Pemprov Sulsel berhasil meraih nilai 91 (sembilan puluh satu) dan berada pada zona hijau atau kategori A dengan opini Kualitas Tertinggi.

Ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya di 2023 yang hanya mendapatkan zona kuning kategori C dengan nilai 73,38.

“Alhamdulillah jauh sekali lompatannya dari zona kuning naik menjadi zona hijau,” sebutnya.

Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga turut mendapatkan penghargaan Kategori Hijau, antara lain DPMPTSP Sulsel, Dinas Sosial Sulsel, Dinas Pendidikan Sulsel, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sulsel serta RSUD Labuang Baji.

Asrul Sani menjelaskan, capaian ini diraih berkat penguatan yang dilakukan Pj Gubernur dalam hal pelayanan publik. Perbaikan-perbaikan signifikan telah dilakukan sejak tahun sebelumnya dengan fokus pada banyak indikator terkait pelayanan kepada masyarakat.

“Banyak indikator yang diperbaiki khususnya pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top