search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Fatma Ukir Sejarah Baru di Makassar

Perempuan Pertama Terpilih Jadi Wakil Wali Kota
doelbeckz - Pluz.id Jumat, 11 Desember 2020 20:00
Fatmawati Rusdi. foto: istimewa
Fatmawati Rusdi. foto: istimewa

PLUZ.ID, MAKASSAR – Hasil Pilwalkot Makassar 2020 mengukir sejarah baru. Untuk pertama kalinya perempuan terpilih secara langsung menjadi Wakil Wali Kota di Makassar.

Hal itu, setelah pasangan calon nomor urut 1, Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny Fatma) dinyatakan mengungguli tiga rivalnya dalam hitung cepat sejumlah lembaga survei dengan hasil perolehan suara sekira 41 persen. Fatma merupakan satu-satunya kontestan perempuan di Pilwalkot Makassar dan membuat ‘pecah telur’ kaum perempuan di kursi pemerintahan lima tahun ke depan.

Fatma adalah figur perempuan kelima yang bertarung di kontestasi Makassar sejak era sistem pilwalkot langsung. Di pilwalkot 2013 lalu, ada dua perempuan yang bertarung. Yakni Apiaty Amin Syam dan Muhyina Muin. Keduanya membidik kursi 01. Tapi, Apiaty dan Muhyina gagal.

Di pilwalkot 2018, perjuangan kaum perempuan berlanjut. Yakni A Rachmatika Dewi (Cicu) dan Indira Mulyasari Paramastuti. Keduanya berstatus calon wakil wali kota. Lagi-lagi, perjuangan itu kandas. Indira terdepak di tengah jalan (diskualifikasi bersama Danny) sedangkan Cicu (bersama Munafri Arifuddin) dikalahkan kolom kosong.

Barulah di Pilwalkot Makassar 2020, suara perempuan banyak menyatu ke Fatma. Yah, Fatma satu-satunya calon wakil wali kota yang berduet dengan Danny. Cicu dan Indira saling bahu membahu di barisan Danny-Fatma. Terpanggil karena satu alasan, hanya perempuan yang mampu mengerti perempuan.

“Semua kita kerahkan untuk melihat Makassar jauh lebih baik lagi. Kita dari dulu optimistis mampu menciptakan sejarah itu (perempuan pimpin Makassar),” ujar Cicu dalam berbagai kesempatan.

Bak gayung bersambut, sebagai satu-satunya representasi kaum perempuan, Fatma disambut dan diterima semua pihak. Ia mampu memasuki semua lini kehidupan masyarakat, berinteraksi tanpa sekat, bermodalkan naluri sebagai seorang ibu.

Halaman

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top