search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Amran Sulaiman Bicara Optimisme Membangun Negeri di Rakerda SMSI Sulsel

doelbeckz - Pluz.id Sabtu, 27 Maret 2021 11:00
Andi Amran Sulaiman. foto: smsi
Andi Amran Sulaiman. foto: smsi

PLUZ.ID, MAKASSAR – Menteri Pertanian dalam Kabinet Kerja 2014–2019, Andi Amran Sulaiman, menjadi pembicara pada acara seminar dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulsel di Hotel Claro Makassar, Jumat (26/3/2021).

Berbicara di depan para awak media online dan cetak, Andi Amran bicara soal optimisme membangun negeri dari daerah untuk Indonesia.

Pengusaha sukses asal Sulsel ini, memulai dialog yang bertemakan ‘Membangun Optimisme Indonesia dari Daerah’ dengan bercerita perjalanan hidupnya semasa menempuh pendidikan dari S1, S2, dan S3 di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Lulusan Doktor Ilmu Pertanian di Unhas ini, juga menceritakan perjuangan kariernya 12 tahun lalu. Saat dirinya menjalankan sebuah bisnis di bidang pertanian di tempat sederhana dengan modal terbatas.

Dari situ, karena optimisme kuat yang dimiliki sosok pria dikenal pribadi yang jujur dan cerdas ini, akhirnya sukses membangun gedung megah, yaitu AAS Building. AAS Building ini, akronim dari nama Andi Amran Sulaiman.

“Ini semua hasil dari optimisme,” kata pria kelahiran 27 April 1968 di Bone yang pernah menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden RI pada tahun 2007 dan Penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 di Bali.

Oleh karena itu, Andi Amran meyakini Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lainnya dengan kekuatan optimisme. Apalagi, Indonesia kaya dengan sumber daya alamnya, kuat sumber daya manusianya.

Dia mencontohkan negara-negara lain, seperti Thailand, Jerman, Jepang, dan Korea Selatan yang sumber dayanya sangat terbatas, tapi mampu membangun negaranya karena optimismenya yang kuat.

Menurutnya, optimisme itu dibangun dan dimulai dari diri pribadi sebelum akhirnya dari daerah untuk negeri. Seperti halnya yang dilakukan di perusahaan yang dipimpinnya, AAS Building.

“Saya hanya punya pegawai 50 (orang), dan tahun ini saya target (pendapatan) Rp4 triliun. Pegawai saya semuanya biasa-biasa, tapi saya tidak pernah beri ruang orang pesemis masuk di AAS Building,” tegasnya.

Direktur dan Founder PT Tiran Grup ini, mengatakan, untuk menjadi orang optimisme yang sukses, maka jangan pernah mengeluh setiap diperhadapkan masalah. Karena menurutnya, mengeluh adalah kegagalan.

“Kalau ada manusia selalu mengeluh pasti gagal,” ujar Amran Sulaiman, tokoh dari Indonesia Timur yang ramai diperbincangkan akan maju Pilpres 2024. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top