search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Brasil Rebut Emas Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 08 Agustus 2021 16:00
Dani Alves. foto: istimewa
Dani Alves. foto: istimewa

PLUZ.ID, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Brasil U-23 berhasil mengalahkan Spanyol di Final Olimpiade Tokyo 2020.

Tim arahan Andre Jardine menang tipis 2-1 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Yokohama, Sabtu (7/8/2021).

Tim Samba pun berhak meraih medali emas cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.

Brasil sudah unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol Matheus Cunha. Akan tetapi, gol babak kedua dari Mikel Oyarzabal membuat kedua tim bermain imbang hingga pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Brasil akhirnya memastikan kemenangan atas Spanyol lewat gol Malcom di babak tambahan yang berawal dari serangan balik. Hasil ini membawa Brasil meraih medali emas sekaligus mempertahankan gelar juara yang mereka raih pada edisi sebelumnya.

Ini merupakan emas kedua Brasil sepanjang sejarah Olimpiade setelah mereka mendapatkan yang pertama di tanah sendiri pada 2016 Rio.

Pencapaian emas ini, menjadi istimewa bagi sang kapten, Dani Alves.

Dengan medali emas yang berhasil ia raih bersama Brasil di pergelaran Olimpiade 2020 ini, Alves layak dinobatkan sebagai pemain tersukses sepanjang masa.

Pemain berusia 38 tahun ini, telah mengkoleksi 43 gelar juara sepanjang karir profesionalnya yang telah berlangsung ia mencatatkan debut profesional bersama Bahia tahun 2001 silam.

Koleksi 43 gelar tersebut adalah koleksi gelar juara terbanyak yang pernah dicatatkan pesepak bola profesional sepanjang sejarah persepakbolaan dunia.

Di level klub, sumbangan gelar juara terbanyak didapatkan semasa dirinya masih menjadi bagian dari Barcelona dari tahun 2008-2016.

Sementara di level timnas bersama Brasil, Alves diketahui hanya belum pernah meraih gelar Piala Dunia. Trofi Copa America (2007, 2019), Piala Konfederasi (2009, 2013), Piala Dunia U-20 (2003), dan medali emas Olimpiade (2020) tercatat pernah dicicipi legenda kelahiran Joazeiro ini.

Susunan Pemain

Brasil: Aderbar Santos; Dani Alves, Nino, Diego Carlos, Guilherme Arana; Douglas Luiz, Bruno Guimaraes; Antony (Gabriel Menino 112′), Matheus Cunha (Malcom 91′), Claudinho (Reiner 106′); Richarlison (Paulinho 114′).

Spanyol: Unai Simon; Marc Cucurella (Juan Miranda 91′), Pau Torres, Eric Garcia, Oscar Gil (Jesus Vallejo 91′); Martin Zubimendi (Jon Moncayola 112′); Pedri, Mikel Merino (Carlos Soler 46′); Daniel Olmo, Mikel Oyarzabal (Rafa Mir 104′), Marco Asensio (Bryan Gil 46′). (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top