search
  • facebook
  • twitter
  • instagram

Makassar Miliki Perda Perlindungan Anak

doelbeckz - Pluz.id Minggu, 26 September 2021 23:00
Fatma Wahyuddin. foto: istimewa
Fatma Wahyuddin. foto: istimewa

PLUZ.ID MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyuddin, kembali menemui konstituen. Agendanya, mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar nomor 5 tahun 2018 tentang Perlindungan Anak di Hotel Aston, Minggu (26/9/2021).

Politisi Demokrat ini, pembuatan perda ini, disebut sebagai payung hukum untuk anak. Artinya, semua kebutuhan dan hak anak menjadi penting dan perhatian pemerintah. Sebab, ada sanksi bagi mereka yang melanggar perda ini.

“Perda ini bisa melindungi anak-anak kita dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Ini tujuan regulasi dibuat,” jelas Fatma Wahyuddin.

Sejak awal perencanaan regulasi ini, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar ini, memberikan dukungan penuh untuk segera disahkan. Sebab, Perda tentang Perlindungan Anak dinilai sangat penting untuk dimiliki pemerintah kota.

“Bukan hanya pemerintah punya kewajiban untuk melindungi anak tetapi masyarakat terutama orang tua. Semua diatur dalam Perda tentang Perlindungan Anak,” ungkapnya.

Ia mengajak peserta untuk membantu menyebarluaskan Perda tentang Perlindungan Anak, sehingga masyarakat tahu mereka memiliki kewajiban melindungi anak.

“Saya minta warga ikut membantu sebarluaskan perda di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Kamelia Tantu menyampaikan, alasan lahirnya Perda ini yakni untuk melindungi anak-anak dari kejahatan orang dewasa. Mulai dari kasus kekerasan rumah tangga hingga yang terjadi di masyarakat berpotensi terus terjadi.

“Pemerintah wajib membuat aturan untuk melindungi anak-anak. Karena banyak kasus-kasus yang bisa mengarah pada kekerasan anak,” jelasnya.

“Regulasi ini mengatur, bahwa pemerintah, keluarga di rumah tangga sampai pada lingkungan masyarakat wajib mengikuti aturan ini. Jika tidak, ada sanksi yang akan diberikan,” tambahnya. (***)

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


To top